Teknik Jahitan Yang Digunakan Untuk Membuat Baju Kaos Polos

Kaos polos dan baju polos merupakan salah satu pakaian yang biasa dipakai untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Modelnya yang simple dan tidak memiliki aksesoris ini membuat pemakainya lebih mudah. Bahkan pakaian ini bisa dipadukan dengan item fashion lainnya untuk mendapatkan penampilan lebih menarik dan maksimal. Misalnya dipadukan dengan jaket, kemeja atau pun dipadukan dengan celana pendek. Banyak orang yang memilih pakaian yang satu ini dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya. Hal ini dikarenakan pakaian ini lebih nyaman dibandingkan dengan jenis pakaian lainnya. Untuk pemakaiannya sendiri bisa dipakai oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Selain itu juga tidak terbatas pada kalangan pria saja, namun kaum wanita pun bisa memakai pakaian ini. Pakaian polos ini pun dihargai cukup terjangkau. Sehingga banyak orang bisa mendapatkan pakaian ini dengan jumlah banyak sekalipun.

kaos polos.

Dalam pembuatan baju polos ini tentunya membutuhkan jahitan yang baik. Dalam menjahit ini pun harus diperhatikan dengan baik supaya hasilnya bisa lebih baik dan awet. Pembuatan baju kaos ini pun tidak hanya memperhatikan bahan pembuatan saja. Melainkan proses mejahitnya juga perlu diperhatikan dengan baik. Karena jahitan yang rapi akan menentukan lamanya dan tidaknya baju kaos tersebut dipakai. Jika jahitan yang digunakan rapi dan kuat maka baju kaos bisa bertahan lama meskipun sering dipakai maupun dicuci. Namun jika jahitan pada baju polos kurang rapi. Maka baju kaos tersebut pun tidak akan bertahan lama. Bagi anda yang akan membuat baju kaos sebaiknya mengetahui jenis-jenis jahitan yang sering digunakan.

  • Obras

    Merupakan salah satu jahitan yang dihasilkan dari mesin obras yang memiliki kecepatan tinggi. Fungsi dari jahitan obras ini adalah untuk menggabungkan 2 potong menjadi satu. Misalnya untuk menggabungkan rib dengan potongan badan kaos polos. Potongan badan kaos dengan potongan lainnya dan potongan tangan dengan potongan badan kaos. Untuk menjahit obras ini biasanya menggunakan mesin obras dengan 2 jarum dan 4 benang.

  • Rantai

    Seperti namanya, jahitan ini memang memiliki pola yang menyerupai rantai. Jahitan rantai ini juga dihasilkan mesin jahit berkecepatan tinggi. Jenis jahitan yang satu ini biasanya terdapat pada pundak kanan, pundak kiri dan belakang leher kaos. Awalnya jahitan ini digunakan untuk memudahkan penjahitan kaos. Namun sekarang ini menjadi standar jahitan terbaik untuk clothing. Hasil dari jahitan rantai ini pun unik dan rapi. Pada jahitan rantai ini biasanya terdapat kain bis. Dimana kain bis ini digunakan untuk menutup hasil obrasan supaya terlihat rapi. Bisa dikatakan jika jahitan bis ini turunan dari jahitan rantai.

  • Overdeck

    Dihasilkan dari mesin jahit overdeck yang mempunyai kecepatan tinggi. Biasanya dipakai untuk menjahit bagian lengan dan bawah baju polos. Dimana kain dilipat dan dijahit menggunakan mesin overdeck ini. Bahkan mesin ini bisa dimodifikasi dan menghasilkan jahitan kumis. Untuk mesin overdeck sendiri biasanya menggunakan 2 jarum dan 3 benang. Sedangkan jahit kumis dihasilkan dari 3 jarum dan 5 benang.

  • Lurus

    Jahitan ini juga terdapat pada baju kaos. Dimana jahitan yang dihasilkan memang lurus, biasanya digunakan pada kaos partai dan pembuatan kemeja. Jenis jahitan ini jarang dipakai untuk membuat kaos distro.

Nah itulah beberapa jenis jahitan yang biasanya digunakan dalam pembuatan baju kaos. Pastikan dengan baik jasa pembuatan baju kaos yang anda pilih mampu memberikan jahitan rapi. Amanah Garment merupakan pilihan tepat untuk anda melakukan pemesanan kaos polos.

Leave a Comment